Inilah Fakta Menarik Tentang Museum Louvre

Inilah Fakta Menarik Tentang Museum Louvre

Louvre, salah satu permata Paris dan museum terbesar di dunia, adalah item daftar ember untuk banyak orang di seluruh dunia. Selain menjadi museum terbesar dan paling banyak dikunjungi di dunia, museum ini juga memiliki sejarahnya sendiri sejak hampir seribu tahun. Berikut adalah tujuh fakta menarik tentang museum Louvre.

1. Awalnya Benteng Besar

Louvre awalnya dibangun sebagai benteng pada tahun 1190 dan kemudian direkonstruksi menjadi istana kerajaan pada abad ke-16. Anda dapat mengunjungi parit berusia 800 tahun dan sisa-sisa benteng di dekat Great Sphynx yang ikonik.

2. Butuh 100 Hari Untuk Melihat Semua Seni

Karena Louvre adalah museum terbesar di dunia, tidak heran Anda perlu lebih dari sehari untuk melihat setiap bagian. 100 hari sebenarnya. Dengan asumsi Anda menghabiskan waktu hanya 30 detik untuk mengagumi setiap karya museum, Anda perlu 100 hari luang. Ini mempertimbangkan fakta bahwa Louvre menampung lebih dari 380.000 karya seni dan memajang ‘hanya’ 35.000.

3. Nazi Menggunakan Louvre di WW2

Selama salah satu jam paling gelap pendudukan Nazi di Paris, Louvre digunakan sebagai fasilitas perumahan untuk semua karya seni Nazi. Potongan mulai dari buku, lukisan dan patung yang dicuri oleh Nazi di seluruh Eropa memenuhi aula Louvre. Untungnya, Jacques Jaujard diam-diam mengorganisir pemindahan beberapa ribu karya untuk mengantisipasi pendudukan Nazi.

4. Museé Napoleon

Kaisar Napoleon mengubah nama Louvre untuk menghormatinya menjadi Museé Napoleon. Kedengarannya egois, dia memperluas koleksi sebanyak 5.000 lembar dan menggantung Mona Lisa di kamar pribadinya sendiri. Ini nantinya akan dikenali sebagai lukisan pertama kali digantung. Akan tetapi, seperti nasib, setelah kematiannya, 5.000 keping dikembalikan ke pemilik aslinya dan namanya diperbaiki.

5. Hantu Belphegor

Mengingat Louvre telah ada selama lebih dari 800 tahun, itu pasti akan dihantui. Ada bertahun-tahun, bahkan berabad-abad, senilai cerita hantu yang mengelilingi Louvre. Namun, museum yang paling terkenal adalah Belphegor, mumi yang katanya berkeliaran di aula, seorang wanita berkeliaran di taman, dan ‘Jack the Skinner’ yang penasaran, seorang tukang daging yang melakukan kesalahan oleh Royals.

6. Terletak di Pusat Axe Historique

Axe Historique adalah bentangan panjang monumen bersejarah yang melintasi Paris. Ini termasuk Arc de Triomphe, Obelisk, Tuileries Garden dan tentu saja, The Louvre.

7. Ini Rumah Mona Lisa, Venus de Milo, Nike Dan Banyak Lagi

Tak perlu dikatakan bahwa Louvre adalah museum paling penting dan dicintai di dunia. Karena hal ini, ia menjadi rumah bagi beberapa karya seni paling penting di dunia dari Venus de Milo Yunani kuno hingga Liberty Guiding the People. Selain karya agung yang berharga ini, Anda juga akan menemukan ‘lukisan paling terkenal di dunia’ The Mona Lisa. Karya seni kecil yang mengejutkan ini hadir dengan penjaga keamanannya sendiri, kaca anti peluru, dan penantian panjang – tapi itu sepadan.